#Tips2 : Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama | Jasa Service Komputer & Laptop Panggilan Bandung | 087722890250

Sunday, May 6, 2018

#Tips2 : Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Jasa Service Komputer & Laptop Panggilan Bandung

Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Assalamualaikum Wr. Wb.


Jasa Service Komputer dan Laptop Panggilan di Bandung akan share beberapa tips tentang cara merawat laptop agar awet dan tahan lama :
1.      Cara merawat baterai laptop. Jangan pernah sekali-kali mencabut baterai anda ketika laptop dalam keadaan menyala.
Contoh kasus : ketika laptop hang dan tidak bisa di apa-apakan sebaiknya tekan dan tahan tombol power sampai laptop mati dengan sendirinya, jika langsung mencabut baterai dikhawatirkan akan terjadi short (arus pendek pada baterai yang akan mengakibatkan korsleting pada motherboard dan komponen-komponen lain yang ada di dalam laptop tersebut.

Sebaiknya gantilah baterai secara berkala jika usia baterai sudah uzur dan drop, jangan dipaksakan terus menerus memakai baterai tersebut.
Contoh kasus : ketika usia baterai laptop sudah uzur atau dalam keadaan rusak, nge-drop walaupun dipasang tidak akan berguna lagi malah akan mengakibatkan kerusakan pada VGA dan Motherboard laptop anda.

Banyak orang berpendapat apabila sedang menggunakan laptop yang tercolok pada charger dalam keadaan baterai full, baterai akan cepat soak. Untuk laptop keluaran 2011 tidak masalah jika laptop tetap tercolok pada chargernya walaupun baterai dalam kondisi full, ini dikarenakan laptop keluaran 2011 sudah memiliki fitur auto discharge yang ditanamkan pada perangkatnya, ketikabaterai sudah full maka otomatis akan memutus aliran listrik ke baterai dan beralih ke laptop. Jadi anda tidak perlu khawatir baterai anda akan cepat nge-drop/soak. Sering mencolok baterai dan mencabut ketika sudah full, itulah awal mula baterai anda akan rusak.

2.      Pakailah laptop sesuai dengan kemampuannya, jangan paksakan laptop untuk menjalankan aplikasi yang berat dan tidak sesuai dengan spec aplikasi tersebut.
Contoh Kasus : jika laptop dengan spec rendah, jangan paksakan untuk membuka aplikasi atau game berat seperti Pro EvolutionSoccer 2013 dll. Maka yang akan bermasalah adalah Prosessor, RAM dan VGA.

3.      Batasi pemakaian laptop. Idealnya paling lama adalah 5 jam, setelah itu matikanlah laptop anda untuk memberikan waktu mendinginkan prosessor dan komponen lain.
Jangan menggunakan laptop full 24 jam, kecuali laptop masih dalam GARANSI dan hanya sekedar untuk menge-test performa saja jika laptop baru dibeli.


Jasa Service Komputer & Laptop Panggilan Bandung

4.      Hindari laptop terkena abu/debu, karena mudah masuk lewat keyboard laptop, cobalah memakai keyboard protector untuk mencegah overheat.
Contoh Kasus : ketika anda menggunakan laptop dan sangat ternyata cepat panas dibanding biasanya kemudian tiba-tiba laptop mati sendiri; itulah yang disebut Overheat. salah satu penyebabnya adalah pengaruh dari debu yang masuk secara berlebih kedalam laptop anda.
Hindari Keyboard dari cipratan air dan usahakan jangan sampai basah terkena kopi, air putih atau sejenis minuman lainnya. Dikhawatirkan akan terjadi korslet.



5.      Pakailah pendingin pada Laptop. Seperti Cooling pad yang ditaruh dibawah laptop. Gunanya untuk meminimalisir panas yang berlebih pada prosessor. Yang apabila terjadi panas berlebih laptop akan mudah hang atau overheat.



Jasa Service Komputer & Laptop Panggilan Bandung
#Tips  Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama
6.      Hindari mengunakan Laptop di atas Kasur atau Bantal. Hal Ini merupakan kebisaan yang tanpa disadari bisa membuat laptop anda cepat rusak.
Contoh Kasus: mengunakan Laptop di atas Kasur atau Bantal akan cepat rusak, Mengapa? Lantaran kasur atau bantal serta bahan lembut/empuk yang lainnya berfungsi untuk menyerap panas, bukanlah membuang udara panas. Sedangkan  Ketika laptop menyala, laptop selalu mengeluarkan udara panas, hingga udara panas tersebut akan diserap oleh kasur atau bantal yang diatasnya. Sehingga hal tersebut bisa membuat overheat pada laptop Anda.

7.       Jangan Menyimpan Benda Di Atas Laptop Terlebih Benda Itu Sangatlah Berat. Comtoh Kasus : Saat Laptop terhimpit dengan benda yang sangatlah berat, meskipun laptop dalam keadaan tertutup, hal tersebut bisa mengakibatkan LCD laptop cepat rusak. Sinyal tanda rusaknya LCD awalannya dari timbulnya garis-garis, jika laptop anda mengalami kondisi seperti itu maka segeralah pariksa ketempat servis untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

8.      Sebaiknya Alas Laptop berupa Permukaan Yang Datar.
Contoh Kasus : Saat Laptop dalam situasi menyala, salah satu komponen laptop yang berupa seperti piringan pada harddisk dalam keadaan berputar. Terlebih saat tengah membuka aplikasi spesifik didalam laptop, piringan tersebut akan semakin keras berputar. Bila laptop dalam situasi posisi miring, piringan tersebut bisa tergores dengan komponen paling dekatnya dalam hal ini adalah jarum pembaca piringan didalam harddisk, jadi sangatlah beresiko jika kita menggunakan laptop dalam kondisi alas tidak rata atau miring.

9.      Jika tips di atas jarang anda praktekan dan laptop anda terlanjur  bermasalah, Apalagi jika anda sedang mengerjakan skripsi atau suatu pekerjaan yang dituntut penyelesaiannya harus tepat waktu (deadline) tiba-tiba komputer atau laptop anda mengalami masalah...!!!

JANGAN PANIK DULU...!!!
RizKey FIXIT Computer sebagai Jasa Service Komputer & Laptop Panggilan Bandung adalah SOLUSINYA...

Jasa Service Komputer & Laptop Panggilan Bandung | 087722890250

Fast Respons Call : 0877 2289 0250
SMS  : 0877 2289 0250
WA   : 0813 2176 1052
BBM : 53B8886A


Info Lengkap:
Website          : https://rizkeyfixit.blogspot.co.id/
Youtube          : http://bit.ly/2p3v6f3

Sekian postingan jasa service komputer & laptop panggilan bandung kali ini tentang tips merawat #Tips  Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama, semoga bisa bermanfaat untuk anda praktekan.

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>